Jenis-jenis Rem Motor dan Fungsinya dalam Keselamatan Berkendara - elangsung

Jenis-jenis Rem Motor dan Fungsinya dalam Keselamatan Berkendara

  • Post author:
  • Post category:Blog

Jenis-jenis Rem Motor dan Fungsinya dalam Keselamatan Berkendara

Jenis-jenis Rem Motor | Rem pada sepeda motor adalah salah satu komponen krusial yang memainkan peran utama dalam keselamatan berkendara. Fungsi sistem rem tidak hanya memperlambat laju kendaraan, tetapi juga memberikan pengendalian yang essensial kepada pengendara.

Berikut ini jenis-jenis rem motor secara umum serta cara kerjanya:

1. Rem Cakram (Disk Brake)

Rem cakram adalah salah satu jenis rem paling umum pada sepeda motor modern. Komponen utama terdiri dari cakram (rotor) yang terpasang di roda dan kaliper yang berisi piston dan rem pad.

Saat tuas rem ditekan, piston pada kaliper akan mendorong rem pad ke cakram, menciptakan gesekan yang mengurangi kecepatan roda. Keuntungan utama rem cakram adalah daya pengereman yang efisien dan konsisten, terutama dalam kondisi pengereman mendadak.

Jenis-jenis rem motor - Rem Cakram (Disk Brake) elangsung
Source : YCB

2. Rem Tromol (Drum Brake)

Meskipun semakin banyak sepeda motor yang beralih ke rem cakram, rem tromol masih ditemukan pada sepeda motor tertentu. Rem tromol terdiri dari drum yang dipasang di roda dan sejumlah komponen seperti sepatu rem, pegas, dan silinder rem.

Saat tuas rem ditekan, silinder rem mendorong sepatu rem ke dalam drum, menciptakan gesekan yang menghasilkan gaya pengereman. Meski mungkin tidak seefisien rem cakram, rem tromol masih menjadi pilihan yang handal untuk sepeda motor tertentu.

Kampas Rem Tromol (Drum Brake) elangsung
Source : SSM

Mungkin kamu tertarik : Nama-Nama Komponen Sparepart Motor

3. Rem Combined (CBS)

Sistem rem combined menggabungkan rem depan dan belakang sehingga satu tuas dapat menggerakkan kedua sistem. Ini meningkatkan stabilitas kendaraan saat pengereman, karena sebagian daya pengereman diterapkan pada roda belakang secara otomatis ketika tuas rem depan ditekan.

CBS menjadi populer karena memberikan kendali yang lebih baik kepada pengendara, terutama dalam situasi pengereman mendadak.

Jenis-jenis rem motor - Combined Brake System CBS elangsung
Source : Honda

4. Anti-lock Braking System (ABS)

Teknologi ABS merupakan terobosan penting dalam keselamatan berkendara. Dilengkapi dengan sensor kecepatan pada roda dan unit kontrol ABS, sistem ini mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak.

Dengan mengatur tekanan rem secara otomatis, ABS memungkinkan pengemudi untuk tetap mengendalikan arah kendaraan, mengurangi risiko kecelakaan.

Jenis-jenis rem motor - Anti-lock Braking System ABS elangsung
Source : Continental

Mungkin Anda tertarik : Daftar Merek Motor di Indonesia, Kamu Punya Yang Mana ?

5. Brake-by-Wire (BBW)

Brake-by-Wire adalah evolusi dalam sistem pengereman, menggantikan konsep mekanikal dengan elektronik.

Dengan menggunakan sensor, unit kontrol, dan aktuator, BBW membawa kemampuan pengendalian pengereman ke tingkat yang lebih tinggi. Sensor mendeteksi tekanan pada tuas rem, lalu unit kontrol mengatur aktuator untuk mengaplikasikan tekanan pada sistem pengereman.

Brake by Wire BBW elangsung
Source : The Brake Report

Penting untuk diingat bahwa pemeliharaan sistem rem sepeda motor sangat krusial. Pengecekan rutin, penggantian komponen yang aus, dan perawatan secara umum akan memastikan sistem rem berfungsi dengan optimal.

Dengan memahami jenis-jenis rem motor dan cara kerjanya, pengendara dapat meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya peran sistem rem dalam menjaga keselamatan berkendara.

Selalu prioritaskan keamanan dan lakukan pemeliharaan secara berkala untuk pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan.

Bisnis Impor Sparepart Motor Auto Cuan